Cara Menyimpan Susu Segar (Murni)

38 thoughts on “Cara Menyimpan Susu Segar (Murni)”

  1. Selamat mlm
    Saya mw tanya pak,,seandai’y saya membeli susu murni di sore hari dan akan saya jual keesokan hari’y,bagaimana cara menyimpan agar susu tidak basi & tidak pecah?
    Rencana’y setiap 2 hari sekali saya akan membeli susu 25 liter,,lalu saya jual pagi sekali sekitar jam 5.
    Atas jawaban’y saya ucapkan bnyak terimakasih😄

    Like

    1. Selamat pagi Dyana…
      Maaf baru merespon…
      Yang paling penting untuk penyimpanan susu adalah suhu, semakin dingin maka akan semakin baik. Jika kita punya freezer kotak itu (misal ukuran 100 liter), baik jika disimpan disitu dan bisa bertahan 3 hari, bahkan lebih.
      Kalo d kulkas bisa, asal kapasitasnya masuk n dingin bisa menjangkau semua susu secara merata 🙂
      Sukses slalu yaa

      Like

  2. Slamat sore pak, mau nanya.
    Kalo Proses buat susu murni aneka Rasa lebih bagus pake Sirup untuk perasanya /
    Pake Bubuk perasa Minuman???.

    Like

    1. Selamat sore Pak, sebelumnya maaf agak lama meresponnya 🙂
      Sekilas kami sebenarnya lebih cenderung ke syrup…karena tidak meninggalkan endapan seperti bubuk…larutnya mudah & tidak perlu ditambah gula…(monin, tofini n sejenisnya)
      Namun dengan catatan, apakah harganya masuk 😀 karena untuk yang premium pasti punya segmen sendiri…
      Sedangkan syrup yang banyak didapat di minimarket biasanya variasinya lebih terbatas n seringkali warna n rasa kurang sesuai (misal melon warna hijau, leci juga warna hijau)
      Karena itu alternatif bubuk bisa lebih masuk secara cost…dari warna, rasa n harga…
      Jadi tetap disesuaikan dengan segmentnya 🙂

      Like

  3. Selamat pagi pak..
    Sya mau konsultasi ketika susu di hangatkan setelah di simpan dalam freezer terdapat cairan berwarna kuning seperti minyak apakah itu masih bisa di konsumsi.terus untuk batas suhu ketika di hangatkan di suhu berpa.
    Terimakasih

    Like

    1. Selamat siang…
      Betul sekali, kalo bahasa saya ketika dipanaskan lemaknya jadi keluar bulir2 minyak…memang seperti itu Pak, tetap bisa dikonsumsi, hanya memang tampilannya jadi tidak menarik…alternatifnya kalo kita ingin mencairkan misal mau diminum besok, malamnya susu yang beku kita turunkan saja ke kulkas Pak, jd besok tidak terlalu beku…
      Klo susunya sudah matang dihangatkan secukupnya saja Pak, sesuai kebutuhan…tapi kalo masi mentah brarti kita perlu pasteurisasi dulu 🙂

      Salam

      Like

  4. Selamat pagi..
    Mau konsultasi ya pak, kemarin pagi saya beli susu sapi mentah langsung saya simpan di kulkas kantor. Malamnya saya rebus 1 liter susu tersebut dipanci aluminium tapi setelah mendidih langsung berubah jadi gumpalan seperti tahu. (Sebelum – sebelumnya saya rebus susu mentah tidak pernah seperti itu). Karena penasaran saya coba rebus 1 liter lg dengan panci teflon, hasilnya sama menggumpal seperti tahu. Sebelum di rebus tampilan susu seperti biasa, putih cair saya icip jg tidak asam, bau susu normal. Bahkan setelah di rebuspun aroma susu. Kenapa itu ya pak?

    Like

    1. Pagi Mba Rista… 🙂
      Langsung saja yaa…suhu ideal penyimpanan susu 1 – 4 derajat celcius, dari pengalaman kami baik sampai 3 hari. Nah pertanyaannya apakah suhu kulkasnya cukup dingin? Kulkas yang penuh maka sirkulasi suhu dinginnya tdk terlalu bagus, jadi susu bs cepat rusak.
      Paling aman, skrg kami lebih mereferensikan susu disimpan di freezer.
      Nah gumpalan…ini bs terjadi krn bbrp hal :
      – susunya memang kurang bagus, baik krn dr hasil perahannya ato dikarenakan penyimpanan di suhu yang tidak tepat n jangka waktu agak lama
      – bisa jadi karena ada kandungan susu cholostrum (susu dari indukan yang habis melahirkan). Warna susu cholostrum biasanya lebih pekat n lemak lebih banyak
      – tercampur zat lain, misalnya : dalam pembuatan tahu susu salah satu caranya adalah susu diberi perasan air jeruk nipis, ini yang membuat susu menjadi pecah untuk kemudian ditiriskan.
      Hehehe panjang yaa jawabannya…
      Mengulangi yang diatas : Simpan Susu Segar di Freezer agar lebih aman…jika paginya mau digunakan, malam sebelumnya bisa dipindah ke kulkas agar mulai mencair.
      Terimakasih

      Salam
      – milimilk –

      Like

  5. Selamat Siang pak
    Susu yang sudah mengalamai pasteurisasi jika langsung mau dijual lagi bagusnya gimana pa? selama berjualan itu susu selalu dipanasi atau bagaimana??
    Trima Kasih

    Like

    1. Siang…
      Kalo susu sudah dipasteurisasi, tidak perlu dipanaskan berulang, cukup disimpan pada suhu yang sesuai…
      Nanti jika ada kebutuhan susu hangat baru dipanaskan sesuai kebutuhan saja

      Salam
      – milimilk –

      Like

  6. Tentang susu yang keluar dari freezer,
    susu tersebut saya kemas dalam botol kaca, saya keluarkan susu dari freezer saya taruh di bawah kran air, untuk mencairkan. tapi saya rasakan susu yang baru beli dengan yang keluar dari freezer dan saya cairkan dengan air pancuran kran. kenapa beda y?
    yang keluar dari freezer kesegarannya berkurang dan lebih ke rasa hambar atau seperti tidak berasa, tidak seperti susu yang baru beli, kallau dari tekstur dan warna sama tidak pecah. cuma jadi lebih encer seperti air putih. bukan susu lagi. mungkin bisa memberi pencerahan.
    usia susu 4hari dalam freezer

    Like

    1. Selamat pagiii ☺
      Betul sekali, memang ada sedikit perubahan jika disimpan di freezer, apalagi sampai lebih dari 3 hari…kadang kita jg bisa rasakan seperti ada butiran2 kaya tepung di lemak susunya….
      Partikel2 susunya menjadi tidak homogen lagi seperti ketika kita membeli susu segar pertama kali.
      Ketika mencairkan ada baiknya dibiarkan sampai semua mencair sempurna, lalu dikocok lagi sebelum dikonsumsi, atau bisa juga dihangatkan.
      Alternatif yang lain kita bisa simpan susu mentah lalu dimasak sebelum dikonsumsi (pada proses ini biasanya warna susu akan lebih kuning, seperti ada butiran2 minyak dari lemak susunya).
      Jadiii…memang paling baik kita memesan susu sesuai dengan kebutuhan harian, sehingga selalu segar…tapi mendinginkan susu merupakan alternatif penyimpanan alami (tanpa bahan pengawet) yang paling baik bisa dilakukan ☺.

      Salam
      -kedaimilimilk-

      Like

      1. Malam, mohon maaf baru merespon 😁
        Sebenarnya susu tidak terlalu bau amis, hanya pastinya sensitifitas masing-masing orang akan berbeda.
        Agak susah memang untuk menghilangkan seluruhnya, jadi hanya bisa dikurangi sedikit misal dengan menambahkan aroma atau perasa tertentu, misal kopi, jahe, pandan ketika memasak atau varian2 perasa susu lainnya.
        Sedikit menyamarkan dengan aroma lain, semoga bisa menambah selera untuk minum susunya 😊

        Like

  7. Selamat siang
    Kemaren saya kan beli susu murni,setelah itu saya langsung masukkan kedalam freezer tanpa pasteurisasi…
    Apakah susu tersebut masih layak dikonsumsi? Dan jika masih layak,apa tahapan selanjutnya sebelum saya mengkonsumsi susu tersebut?
    Terimakasih

    Like

    1. Sore, ketika membeli apakah sudah ditanyakan…apa susunya sudah matsng bisa langsung dinonsumsi, kalo belum brarti harus dimasak dulu ☺

      Like

  8. Kalau susu murni yg biasa dibeli per liter dibungkus plastik. Trus saya mau jual dgn diberi sirup dan dibungkus plastik dgn ukuran lbh kecil. Itu susunya hrs direbus dl atau sudah bisa langsung diberi sirup ?

    Like

    1. Soree…
      Tergantung, ketika anda membeli di tanyakan saja susunya sudah matang (pasteurisasi) atau masi mentah?
      Kalo masi mentah ya brarti perlu dimasak dulu ☺

      Like

  9. Halo saya mau tanya, saya biasa membeli susu murni yang belum di pasteurisasi dan langsung memasukan ke dalam kulkas. Saya biasa memasaknya sore harinya atau ke esokan harinya. nah yang ingin saya tanyakan apakah susu murni tersebut masih layak konsumsi mengingat batas susu segar yang belum dimasak hanya beberapa jam atau masih aman untuk dikonsumsi?

    Like

    1. Walaikumsalam, selamat pagi Zia…
      Pertama pastikan ketika dikemas ke dalam botol susu sudah tidak panas.
      Dari pengalaman yang sudah pernah milimilk lakukan, milkshake botol yang disimpan di dalam freezer bisa bertahan lebih dari 1 bulan (uji coba yan pernah dilakukan 1,5 bulan dan rasa masih enak, kondisi milkshake masih bagus).
      Sedangkan jika disimpan di kulkas bisa bertahan 2 – 3 hari, tergantung suhu kulkas. Ketika kulkas penuh n sirkulasi udara dingin tidak bagus maka akan semakin pendek usia susunya. Suhu ideal penyimpanan susu 1 – 4 derajat celcius.
      Jadi saran milimilk, lebih baik disimpan di freezer.

      Salam
      -kedaimilimilk-

      Like

  10. Saya tinggal di Bali pak, saya rencana ambil susu sapi murni di wilayah jawa timur.
    Kalau saya ambil yang sudah dibekukan dengan kondisi susu murni yang belum di masak, kira2 tahan berapa lama?
    Dan bagaimana cara memasaknya (langsung masukan panci atau dibiarkan mencair dulu baru dimasak) ketika ingin diminum?
    Terimakasih pak atas jawabannya

    Like

    1. Siang Qiqi ☺
      Kalo susu beku bisa tahan lebih dari 3 hari dari pengalaman kami. Tapi semakin lama, rasa kesegarannya akan semakin berkurang.
      Untuk cara memasak, baiknya memang dicairkan terlebih dahulu…tapi peernya prosesnya lama.
      Kalopun langsung dimasak menggunakan api kecil (secara praktis) juga tidak apa2…
      Ada catatan, ketika memasak susu beku, maka hasilnya akan menjadi lebih kuning. Karena keluar bulir2 minyak dari pemanasan lemak susunya. Tapi secara rasa bisa dibilang tidak berubah, hanya warnanya saja. Kecuali kalo kita cairkan dulu ya 😊

      Salam
      -kedaimilimilk-

      Like

  11. Selamat pagi saya mau tanya, saya baru saja membeli susu murni dan langsung memasaknya saya diamkan sebentar dan membuang lapisan lemak diatasnya, yang saya mau tanyakan setelah saya masukan ke gelas seperti ada gumpalan kecil2 apakah itu bisa disebut susu pecah? Atau hanya lemak yang pecah di dasar susu?

    Terima kasih

    Like

    1. Malam, maaf ternyata ada yg belum dibalas….😀
      Gumpalan2 kecil itu adalah lemak susu, jadi aman…
      Susu yang pecah itu teksturnya akan kaya kita bikin agar2 yang setengah jadi…menggumpal pecah secara keseluruhan…

      Salam
      -kedaimilimik-

      Like

  12. Assalamuallaikum,
    saya membeli susu trus saya kasih kulkas, bsuknya saya panaskan tapi malah pecah kenapa dan apakah masih bisa d konsumsi?,
    kalau susu yang untuk buat kefir yang perlu pasteurisasi apakah yang baru d keluarkan dari kulkas juga bisa ?,
    Terimakasih

    Like

    1. Walaikumsalam Pak Nasrul,
      Dalam penyimpanan susu, suhu merupakan faktor yang paling penting. Suhu ideal penyimpanan susu adalah 1 – 4 derajat. Nah kalau di kulkas, paling aman diletakan di rak paling atas di tempat keluar udara dingin, walaupun tidak jaminan juga, misal kulkas penuh maka sirkulasi udara dinginnya menjadi tidak bagus akhirnya susu bisa rusak. Berikut link artikel yang membahas penyimpanan susu https://kedaimilimilk.com/2015/11/10/cara-menyimpan-susu-murni/
      Untuk pembuatan kefir bisa menggunakan susu pasteurisasi maupun non pasteurisasi, hanya penyimpanan proses fermentasinya pada suhu ruang.

      Salam 🙂

      Like

  13. Bismillah.
    Assalamu’alaykum .
    Mau tanya bagaimana cara membuat susu aneka rasa yang seperti susu uht?saya pernah buat pakai dark cooking Chocolat kok tetap encer ya?sedang kalau susu uht kemasan biasanya terlihat rada kental..terima kasih atas jawabannya

    Like

    1. Walaikumsalam Bu Tyas…
      Untuk pertanyaan Ibu, jawabannya agak susah sebenarnya 😄…
      Kalo memang ingin kekentalan yang sama seperti susu uht, yang jelas kita harus punya alat ukur yang fix dulu, misal Laktodensimeter untuk mengukur berat jenis susu…
      Trus kita juga perlu memastikan kualitas susu kita juga bagus (kadar lemak yang cukup)…proses memasak jg berpengaruh tapi tidak terlalu signifikan…
      Yang perlu dipahami juga sebenarnya bahwa susu uht, belum tentu kandungannya 100% susu sapi segar, dalam proses produksi tentunya pabrikan melakukan penambahan air, susu skim dsb agar dapat menghasilkan produk yang standar…
      Jadi, memang kita perlu memaklumi plus minus dari masing2 produk…
      Point utamanya, untuk menghasilkan produk yang terstandarisasi…yaa kita perlu alat ukur yang pasti jg…serta prosedur pengolahan yang fix…
      Demikian Bu Tyas…semoga membantu…

      Salam

      Like

    1. Selamat siang,
      Boleh Pak, termos bisa menjaga suhu susu agar tetap hangat…
      Yang menjadi permasalahan adalah menjaga kebersihan termos, setelah digunakan dipastikan dicuci bersih, tanpa meninggalkan kerak n sisa susu…karena sisa susu itu yang akan menjadi biang susu rusak 🙂

      Like

      1. Gan mau tanya, setelah susu saya rebus, untuk mendapatkan suhu ruangan agar memenuhi syarat untuk kemudian menyimpannya di kulkas/freezer kan agak lama (keburu mengantuk karena malam rebusnya 😁), kalau ketika masih agak hangat langsung saya masukkan ke kulkas apakah akan berpengaruh atau bahkan beresiko?

        Like

      2. Pagiii 😀
        Kalo memang sudah hangat gak pa pa dimasukan ke dalam kulkas…tapi kalo masi cukup panas, akan berisiko u pecah (susunya)…
        Salah satu cara u mempercepat pendinginan : panci yang ada susu panasnya diletakan d ember, lalu alirkan air (volume kecil saja) di ember…cara ini efektif u mempersingkat waktu…

        Like

  14. Pak saya mau tanya saya kan beli susu murni tp belum saya rebus lansung saya masukkan kulkas apa metode saya sala
    Trs cara massk saya saya ambil secukupnya susu yang ditaru dikulkas saya rebus sebntr yang penting hangat biar tidak peca mohon koreksinya pak

    Like

    1. Inti penyimpanan susu adalah di suhu, idealnya suhu 1 – 4 drjt.
      Jika dimasukan di kulkas, tergantung kulkasnya, kalo penuh bisa saja sirkulasi suhu dinginnya kurang bagus n itu memperpendek usia susu.
      Untuk merebus bisa d cek di artikel cara memasak susu tanpa termometer.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s