Usia Susu Sapi Murni

64 thoughts on “Usia Susu Sapi Murni”

  1. Terimakasih sangat bermanfaat sekali
    Klau susu yg sudah terlanjur pecah ketika dimasak bisa dimanfaatkan untuk apa ya?
    Karna syg kalau dibuang bgt sj

    Like

    1. Pagiii Mba Alshaa…nahhh kalo kita punya susu yang sudah pecah, masih bisa olah dijadikan kerupuk susu. Nantikan resepnya hari ini yaa…atau bisa follow fb atau twitter milimilk untuk updatenya

      Salam

      Like

      1. Selamat malam Pak Tomin,
        Kalo boleh tau lokasi tinggalnya dimana Pak? Jadi nanti kami bisa referensikan suplier yang terdekat. Untuk lokasi milimilk sendiri pengolahannya di cikeas, sedangkan kandang ada di pondok ranggon.
        Trmksh

        Like

  2. Mba, kalo kita sudah simpan susunya di freezer selama 3 hari lalu kita diamkan diluar sampai mencair selama 8 jam, kira2 basi gak ya mba. Terimakasih…

    Like

    1. Pagi Ibu, kalo dimasukin freezer Tentunya tdk akan rusak, cm ketika dicairkan selama 8 jam dluar bisa berisiko u rusak jg, mngkin baiknya tidak langsung dluar, kalo misal pagi mau dipakai malamnya ditaruh dalam kulkas saja, jd perlahan mencair. Begitu tanggapannya, trmksh

      Like

  3. Halo milimilk…. Susu yang sudah saya masak, n juga ditambah dengan aneka rasa, saya simpan di kulkas n juga frezzer… Bbrp jam kemudian dlm keadaan sudah dingin susunya, kok jadi muncul gumpalan2 kecil berwarna kuning gitu ya mbak? Jadi hrs saring lagi ketika mau konsumsi.. Padahal sebelum dan sesudah dimasak, saya saring susunya… Mohon solusinya…😊

    Like

    1. Selamat pagiii…
      Kalo dari cerita singkatnya kemungkinan besar itu adalah lemak susu…
      Apakah sebelum dimasak susunya dalam kondisi beku? Kalo beku maka bulir2 minyak yang keluar kalo tidak beku dia hanya lapisan lemak berwarna putih…segera milimilk akan buat ulasan perbedaan tentang memasak susu beku n tidak beku.

      Like

      1. saya punya susu murni, dibekukan, kemudian dicairkan,
        nah setelah dicairkan ditaruh difrezeer hingga terlanjur beku lagi, keudian besoknya dicairkan disuhu ruang, apakah masih aman dikonsumsi?. tekstur masih sama cuma sedikit lebih cair, kemasan kembung dan rasa lebih ke tawar.

        Like

      2. Selamat pagi Pak Roisul Amin,
        Kalau pertanyaannya apakah masih aman dikonsumsi, tentunya asal tidak berubah rasa jadi masam, teksturenya tidak pecah n baunya tidak asam ato kecut itu bisa dikonsumsi…
        Hanya yang perlu digali lebih lanjut mengenai kandungan protein, mineral, lemak dan mungkin bakteri baik yang terkandung di susu murni…tapi saat ini Milimilk belum punya referensi mengenai hal itu, jika sudah ada nanti coba kami sharingkan

        Salam
        – milimilk –

        Like

  4. mau nanya, susu murni yang sudah dimasak, kemudian dimasukin ke kulkas, trus ketika diminum lagi saya suka panasin lagi, tapi kok jadi pecah yah, warna kuningnya terpisah dari air. dan ga bisa bercampur, kenapa ya? apa aman diminum?

    Like

    1. Selamat malam Anisa,
      Klo boleh tau sudah disimpan berapa lama, trus apakah suhu kulkasnya dingin? Suhu ideal sktr 1 – 4 drjt.
      Tp kalo sekilas, kalo sudah terpisah kuning sama air kemungkinan besar sudah gak bagus lagi, coba sedikit dicicipi u memastikan.
      Kalo mau lebih aman sebenarnya bisa disimpan di freezer, usianya jadi lebih panjang & nantinya bisa dihangatkan lagi juga

      Like

  5. Slm knl milimilk,sy lg cb2 usaha susu murni aneka rasa dan br brjln 2 bln,sk ada yg kmplain soal rasa sprt santan. Sy mnt tips dan saran cara mmproses mmasak yg bnr,trm ksh atas bntuan nya

    Like

    1. Salam kenal Bu Liana,
      Susu akan sangat dipengaruhi oleh makanan yg diberikan ke sapinya…selain rumput ada juga suplemen yg diberikan misal ampas tahu, konsentrat, dkk…tergantung peternaknya n ini akan pengaruh ke biaya operasional mereka.
      Sapi yang diberikan menu utama rumput yang lebih banyak, maka susu yang dihasilkan lbh terasa manis n creamy.
      Saran kami, coba Ibu mencoba susu dr beberapa peternak, sehingga bisa memilih mana susu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Kami jg sempat berganti hingga 3 peternak 😉
      Tetap semangat yaa Buu…

      Like

  6. Sore, kalo misalnya saya ambil susu sapi lgsung dr ternak dan belum d masak sama sekali untuk tujuan penelitian.. bisa tahan berapa lama jika d masukkan ke freezer -30 derajat C? Trims

    Like

    1. Selamat malam Denny,
      Jika susu dimasukan ke dalam freezer dan menjadi beku, maka akan lebih tahan lama, bahkan bisa lebih dari seminggu.
      Namun perlu menjadi catatan bahwa kalo dimasak dari kondisi setelah beku, maka akan keluar bulir2 minyak dan warna lapisan lemaknya akan menjadi lebih kuning dan itu normal.
      Trmksh

      Like

  7. Selamat siang milimilk,
    Dari bbrp artikel yg saya baca, katanya agar susu murni bs lebih awet bisa ditambah baking soda namun yg jd pertanyaan saya apabila susu ditambah baking soda apkh akan mengubah rasa asli susu murninya?

    Like

    1. Selamat malam Shirah…
      Memang salah satu tricky untuk mengolah susu ada referensi untuk ditambah dengan baking soda, namun kami belum pernah melakukannya.
      Sejauh ini agar susu bisa bertahan lebih lama yaa dengan memasukan di suhu yang sesuai 1 – 4 derajat, dari pengalaman kami masi cukup baik sampai 3 hari. Tapi kalo ingin lebih lama bisa dimasukkan ke dalam freezer. Dalam kondisi beku bahkan dari pengalaman, bisa sampai seminggu bahkan lebih.
      Saran milimilk siii…gunakan “pengawet alami” saja…yaitu suhu yang sesuai.
      Terimakasih

      Like

    1. Selamat siang Bu Ningsih
      Media penyimpanan apa saja sebenarnya aman Bu, untuk termos tergantung dari kekuatan termos menyimpan suhu panas…tinggal yang menjadi peer adalah memastikan termos dicuci hingga bersih, karena biasanya susu akan meninggalkan lemak di sela2 termos…
      Tapi untuk memastikan apakah susu masi bagus ato tidak perlu dicicipi terlebih dahulu apakah ada bau atau tidak, rasanya asam ato tidak.
      Demikian Bu, terimakasih

      Like

  8. selamat sore
    saya sdh sebulan ini jualan susu murni siap minum, ambil susu,pasteurisasi lgs jual kondisi hangat
    saya rencana mau kembangkan mjd susu murni kemasan botol,
    tetapi pernah saya coba,malam susu saya kemas,masuk kulkas,pagi mau saya jual tp ada gumpalan lemak diatasnya.
    adakah cara membuat susu kemasan yg benar seperti produk2 susu kemasan home industri yg gumpalan lemaknya tidak nampak sehingga terlihat lebih menarik ketika dijual
    terima kasih

    Like

    1. Selamat pagi Mas Arief, salam kenal…mantap sekali usahanya sudah dimulai
      Ada gumpalan lemak itu memang wajar karena kita mengolah benar2 dari susu murni, nah kalo untuk kebutuhan industri ada proses tambahan namanya homogenisasi. Proses ini salah satu fungsinya untuk “menstandartkan” kandungan susu, sehingga kandungan vit n mineral dan teksturenya terlihat sebagaimana kita membeli susu dalam kemasan.
      Untuk mensiasatinya kami biasanya memasukan dalam freeser, setelah susu beku, lemak tsbt tdk telalu nampak, bahkan ketika mencair dan dikonsumsi jg tidak terlalu nampak, apalagi jika susu d shake. Tapi lemak itu akan “naik” lagi kalo dimasukan dalam kulkas lagi setelah beberapa waktu (umumnya lewat dari sehari)…

      Like

  9. Slmt siang milimilk, maaf ni mau nanya, susu sapi segar tahan brp jam? Cara agar ttap steril gmna? Ketahanan diatas kendaraan brp lama? Tempat penyimpanan yg baik jika perjalanan jauh agar ttap segar? Dan cara membuat starter. Mohon dijawab satu persatu ya Soalx aku mau penelitian skripsi. Mohon bantuannya. Trima kasih

    Like

    1. Selamat pagi Diana, sudah minum susu pagi ini? 😀
      Oke kita jawab satu satu
      1. Susu sapi segar tahan berapa lama? Sepertinya sudah djawab dalam artikel usia susu sapi murni ini, ato ada pertanyaan yang lebih spesifik?
      2. Agar tetap steril bagaimana? Pastikan alat pengolahan dan penyimpanan susu sudah dalam keadaan bersih ketika digunakan. Jika ingin sterilisasi sederhana bisa direndam dengan air panas.
      3. Ketahanan di kendaraan berapa lama? Pada intinya adalah usahakan susu tetap dalam kondisi dingin (suhu ideal 1 – 4 derajat celcius, dari pengalaman masi baik sampai 3 hari).
      4. Tempat penyimpanan yang baik jika perjalanan jauh agar tetap segar? Gunakan cooler box, lalu diisi juga dengan es batu agar suhunya tetap terjaga dingin. Jika ingin yang lebih hemat, bisa menggunakan box stereofoam, pastikan diisi es batu juga yaa
      5. Cara membuat starter? Ini starter untuk apa ya? Yoghurt, kefir ato yang lainnya?
      Sukses untuk skripsinya yaa…

      Salam
      -milimilk-

      Like

  10. Halo milimilk,sebelumnya sudah 2bln ini sy jualan yoghurt , iseng2 sy jg mulai jualan susu murni pakai jelly yg dimasukan kedalam botol,agar tahan lama susu nya gmn ya? Klo jualan sy pakai box Styrofoam dan es untuk menjaga suhunya agar tidak cepet basi,..tp knp ya kadang ada saja yg basi, padahl sy masak betul2 susu murninya terebih dahulu,langsung dikemas dalam botol tertutup rapat, tp tetap saja… Oiya tips nya agar lemak susu dAlam botol tidak terlalu bnyak, rasa sih tidak berubah tp tampilannya Jd tidak menarik di botol..
    Trima kasih milimilk..

    Like

    1. Selamat siang Dinni,
      Mantappp sudah usahanya sudah dimulai…mari kita jawab satu per satu
      1. Susu ada yang basi padahal uda dimasak dengan benar…Nah seperti beberapa pertanyaan sebelumnya, cara paling alami untuk menjaga susu agar awet adalah kita atur suhunya biar selalu dingin (dingin ideal adalah 1 – 4 derajat celcius). Pastikan juga bahwa ketika memasukan kedalam botol, sebelum dikunci susu sudah dalam keadaan tidak panas…karena kalo masi panas sudah ditutup maka akan merusak kualitas susu, seperti makanan yang masih panas lalu dibungkus rapat, maka dia akan “kringetan” dan cepat basi.
      2. Tips agar lemak tidak terlalu banyak di dalam botol…
      Yang pertama kita sepakati dulu bahwa lemak itu adalah wajar dan itu yang membuat rasa creamy pada susu segar, untuk mengurangi bisa dengan cara membuang lapisan lemak yang muncul ketika kita memasak susu…atau Tips Milimilk adalah dengan memasukan susu ke dalam freezer, setelah beku lapisan lemak ini tidak akan nampak, dan susu pun bertahan lebih lama.
      Sukses selalu yaa

      Salam
      -milimilk-

      Like

  11. Selamat Pagi saya salsa. Mau tanya nih kak. Kalau beli susu sapi murninya itu pagi ini dan dipakai untuk besok paginya kira2 bisa tidak ya? minta tolong nnti cara penyimpanannya agar tidak rusak . Terimakasih

    Like

    1. Selamat pagi Salsa,
      Langsung ke tipsnya aja yaa…susu segar disimpan d kulkas bagian paling atas, atau d dekat keluarnya udara dingin kulkas…kalo 1 hari sampai 2 hari masih oke…(suhu ideal penyimpanan susu 1 – 4 derajat celcius)
      Tapiii…sebelum penyimpanan, pastikan kita dapat susu yang berkualitas n benar2 segar yaa (setelah perah)…

      Like

    1. Selamat sore Ken,
      Betul susu jika kita simpan d freeser bisa bertahan hingga seminggu, bahkan lebih…tinggal ketika akan mengkonsumsi kita cairkan lagi dan dipastikan dicek apakah bentuk, aroma dan rasa berubah ato tidak.

      Salam
      -milimilk-

      Like

  12. Mau tanya ni,,,
    Saya menyimpan susu murni di freezer,setelah sebelumnya saya masak terlebih dahulu,saya menaruhnya malam,tp kok paginya berwarna kuning ya,,,dan sampai saat ini sudah 10 hari di dlm frezeer,,masih layakkah di konsumsi,,
    Atas jawabannya terimakasih.

    Like

    1. Selamat siang
      Susu yang disimpan d freezer dan menjadi beku memang warnanya akan cenderung menjadi kekuningan, menurut kami semakin banyak kandungan lemaknya maka akan semakin kuning…begitu juga jika kita membuat milkshake ketika sudah beku warnanya akan semakin kuat.
      Untuk mengetahui apakah masih bisa diminum ato tidak perlu di cek kualitas susunya, dilihat teksture, bau n rasanya dulu. Terimakasih

      Salam
      -milimilk-

      Like

    1. Malàm Aneuasmira Gunawati,

      Salam kenal yaa…jujur milimilk belum pernah mengolah susu segar menjadi es krim secara langsung.
      Kami sampai saat ini masi fokus pada pengolahan milkshake. Metode pengawetannya milimilk menggunakan cara yang alami, yaitu didinginkan (dibekukan). Milimilk pernah melakukan ujicoba disimpan di freezer selama sebulan, dan setelah dicoba rasanya tetap oke n susu baik. Tapi penyimpanan kami selalu menyarankan 3 – 5 hari di dalam freezer. Demikian gambarannya semoga bisa sedikit membantu.

      Salam

      Like

  13. minta petunjuk dr.Milimilk
    rencana mau jualan susu murni yang dikemas dengan gelas pres/cup sealer,terus jualnya dikios warung dengan display kulkas pintu kaca,berapa lama usia susu tersebut…..mohon pencerahannya

    Like

    1. Selamat malam Varo,
      Suhu ideal penyimpanan susu adalah 1 – 4 derajat celcius, bisa bertahan baik kisaran 3 hari.
      Jika mau dititipkan d warung n disimpan kulkas pintu kaca…agak susah untuk kontrolnya…
      Salah satu saran, bisa dibuat seperti es mambo n dalam kondisi beku…ini sedikit membantu untuk daya tahannya

      Salam
      -milimilk-

      Like

  14. halo, saya ingin bertanya..
    saya ada rencana ingin menjual teh susu dalam botol. campurannya menggunakan susu kental manis dan juga susu evaporasi. saya ingin membuat susu evaporasi dari susu murni sendiri. nah, susu evaporasi ini bisa tahan berapa lama ya? harus di simpan di freezer atau bisa dikulkas saja? terima kasih..

    Like

    1. Halooo selamat siang… 🙂
      Susu evaporasi merupakan susu yang diolah sehingga kandungan airnya berkurang 60%, dan kandungan lemak n proteinnya dalam jumlah tertentu. Yang membedakan dengan susu kental manis adalah penggunaan gula. Gula ini sangat penting salah satunya untuk memperlama masa usia susu.
      Jujur kami belum pernah mengolah susu murni untuk menjadi susu evaporasi, namun kalau merujuk suhu ideal penyimpanan susu murni di suhu 1 – 4 derajat celcius. Kulkas masi bisa, biasanya kami meletakan d rak paling atas, dekat titik keluar udara dingin. Kalo d freezer juga bisa bahkan bisa jadi lebih lama lagi.
      Kami coba mencari referensi kembali, jika sudah mendapatkan referensi yang valid nanti kami share lagi ya 🙂
      Salam

      Like

  15. Selamat malam,
    Bagaimana kalau susu murni yg baru di ambil dari peternakan di simpan di frezer tanpa di masak terlebih dahulu, apakah masih aman di konsumsi dan bila aman berapa usia susu bisa bertahan ?
    Terimakasih

    Like

  16. Saya jualanan susu es blend. Pas saya jualan, susu cair yg sudah saya kemas d simpen dalam cerek dan susu yg saya bekukan d simpen dlm termos.
    Pas sore saya plng susu dlm cerek sudah agak masam tapi yg d dlm termos dlm kondisi baik. masi enak meski d simpan semalaman.
    susu yg d dlm kemasan juga d simpen dlm lemari es selama 1 hari sudah agak masam.
    Apa memang harus nya d bekukan dlu aja ? Kemudian nnti d cairkan untuk susu cair nya ?
    Sudah 2hari susu bnyak yg d buang karena masam.

    Like

    1. Selamat sore Mas Aris, salam kenal…
      Yang perlu ditekankan untuk hal ini adalah Suhu Ideal Penyimpanan Susu Segar adalah 1 – 4 derajat Celcius…rata2 bertahan baik sampai 3 hari.
      Yang pertama penyimpanan d cerek…ini sangat tidak disarankan, karena diatas 5 jam kemungkinan sudah berubah rasanya
      Yang kedua penyimpanan d termos (dalam bayangan saya seperti termos nasi ato termos air?)…ini sepertinya juga kurang ideal…
      Jadi mensiasatinya simpanlah di cooler box atau stereofoam box dan dikasi es batu untuk mempertahankan suhu dingin. Malemnya jika ada sisa setelah jualan bisa disimpan di kulkas atau freezer. Besok dibawa ke tempat jualan n dimasukan dalam cooler box lagi. Dr pengalaman kami, 2 – 3 hari masi cukup oke.
      3. Penyimpanan di kulkas…nah ini yang sering agak rancu, tidak jaminan bahwa menyimpan di kulkas itu pasti dapat tahan lama, kalo kulkasnya penuh terisi, maka sirkulasi udara dingin tidak merata…dan bisa merusak susu. Tipsnya simpan di rak paling atas yang dekat tempat keluar udara dingin. Rak paling atas bs dikhususkan untuk susu saja. Atau dimasukan dalam freezer klo memang kulkasnya sedang penuh.

      Jadi penyimpanan susu segar, SUHU akan sangat krusial. Semoga sedikit membantu.
      Semangat slalu Mas Aris 🙂

      Like

  17. Selamat siang,
    Saya memulai usaha susu segar 1 minggu yang lalu, saya biasa beli susu siang kemudian dimasak trus saya bekukan di frezeer, keesokan paginya( sekitar jam 6-7) rencana susu akan saya cairkan dan dihangatkan kemudian diantar ke pelanggan…apakah cara saya sudah benar dan tidak merubah rasa susu?trimakasih

    Like

    1. Selamat sore 🙂
      Secara umum si sudah benar, untuk lebih yakin terkait suhu penyimpanan, disimpan di freezer bisa lebih aman. Untuk memasak bisa juga sekàlian pagi…jadi misal dapat susu sore, langsung dimasukan k freezer, lalu besok paginya dmasak setelah itu d packing u dikirim k konsumen bisa juga, sedikit meñghemat proses.
      Sukses slalu

      Like

  18. oiya maaf ada yang terlupa..kalau misalnya susu masak beku paginya saya cairkan…kira-kira tahan berapa lama apakah bisa sampai jam 9 malam?kalau ada pelanggan datang ingin susu panas bolehkan dipanaskan lagi pada sore harinya?

    Like

    1. Untuk daya tahan susu, sàngat tergantung pada suhu penyimpanannya. Apakah menyimpannya d cooler box atau kulkas atau freezer? Semua baik asal dingin. Jika d cooler box u menjaga dingin d tmbahkan saja es batu.
      Susu boleh dihangatkan saja, tidak perlu seperti memasak d awal…kalo hangat jg bisa langsung dinikmati o konsumen.

      Semangat slalu y Bu 🙂

      Like

  19. Selamat siang..
    Hari minggu suami sya membeli susu sapi segar.. Stlah pulang sya simpan d kulkas tpi bukan di freezer.. Soalnya 5 ltr.. Khan gak muat klo d taruh d freezer.. Nahh.. Karena gak sempet di masak. Susunya sya msak hari rabu.. Susunya berubah jadi kentel bnget.. Tpi gak kecut sma skali.. Masih layak kosumsi kah??

    Like

    1. Selamat sore Bu Nia 🙂
      Kentalnya ini karena semi beku atau kental mulai menggumpal Bu? Kalo semi beku tidak apa-apa dimasak n masih bisa dikonsumsi…tapi kalo sudah menggumpal n pecah, sebaiknya tidak perlu dikonsumsi.
      Jika memang kapasitas penyimpanan terbatas, susu 5 liter bisa dibagi saja Bu penyimpanannya…misal 3 liter d freezer, 2 liter d kulkas…atau sebaliknya
      Salam

      Like

  20. Selamat pagi milimilk. Mau tanya, sy membeli susu murni di supermarket 2 btol ukuran 2 liter. Sy masukan ke kulkas 1 botol, freezer 1 botol. Dg maksd yg dikulkas akn dikonsumsi lebih dl. Menurut salesnya, susu siap diminum tp krn ank2 suka nya susu hangat jd sy akan memasaknya terlebih dahulu. Bagaimana cra menghangatkn susu murni, apa cukup asal hangat atau hrs sampai mendidih baru di angin2kn spy jd hangat? Klu dipanaskn apakah akan berkurang kandungan nutrisinya? Baiknya dikonsumsi dingin atau hangat? Mksh milimilk

    Like

    1. Selamat sore Bu,
      Kalo sekilas baca berarti susu yang dibeli merupakan produk pabrikan ya Bu? Kalo sudah produk pabrikan tentunya sudah melalui proses pasteurisasi, yang salah satunya menggunakan metode Ultra High Temperature (UHT). Jadi susu sudah dinyatakan steril dan sudah ditambah vitamin n mineral tambahan juga (sebagai pengganti mineral yang rusak karena pemanasan suhu tinggi).
      Jadi jika ingin mengkonsumsi hangat, tinggal dihangatkan saja tidak perlu sampai mendidih. Jika dipanaskan sampai mendidih akan bermerusak kandungannya.
      Susu dikonsumsi dingin atau hangat sama baiknya 🙂
      Demikian Ibu, terimakasih sebelumnya.

      Salam
      -milimilk-

      Like

  21. Pagi milkmilk. Saya beli susu tadi malam sekitar jam 8 malam. Saya lupa memasaknya sampai jam 4 pagi. Kondisi susu sudah agak mengental dan agak menguning. Apakah masih bisa di masak dan di konsumsi? Terima kasih

    Like

    1. Selamat pagi Pak Usman,
      Apakah susunya disimpan pada suhu dingin? Sekilas saya baca kemungkinan besar, susu tidak disimpan dalam suhu yang sesuai sampai 8 jam n sudah mengental biasanya sudah tidak bagus, kalopun dimasak biasanya akan jadi pecah.

      Like

  22. halo ka.. saya mau tanya, senin malam kemarin saya beli susu pasteurisasi kemasan di supermarket sekitar 2 karton. dan saya lupa simpan di kulkas jadi hanya disimpan di kamar. baru keinget rabu siang pas buka 1 pcs susunya jadi agak menggumpal gitu ka.. tapi pas di coba rasanya tidak masam dan masih creamy. lalu saya masukan semuanya ke dalam kulkas ka. apakah masih layak konsumsi? jika akan di gunakan semua hari minggi?

    Like

    1. Malam Desi 🙂
      Untuk susu pabrikan biasanya sudah menggunakan kemasan yang sangat bagus (tetrapack). Jadi ada beberapa lapisan yang melindungi susu dari risiko kontaminasi dari luar yang bisa merusak susu. Termasuk ada lapisan aluminium foilnya juga di dalam.
      Sejauh tidak bocor, kemasan tetrapack tsb akan menjaga susu dengan baik dan tidak rusak. Tapi tetap, di kemasan pasti ditulis suhu ideal penyimpanannya 🙂

      Like

  23. Halo ka milimilk,
    saya berencana melakukan perjalanan keluar kota dengan durasi perjalanan ±6-8 jam.
    a. bila saya membeli susu sapi murni olahan yg dijual di kaki lima, treatment apa yg saya butuhkan agar susu tsb aman dikonsumsi sampai tujuan.
    b. dalam kondisi dingin / panaskah sebaiknya saya membawa susu tsb.
    c. jika boleh tau, lebih aman membawa susu murni sebelum diolah ataukan membawa yg sudah olahan? dan bisakah saya tau dimana saya bisa mendapatkan susu sapi murni di daerah Solo? terimakasih sebelumnya.

    Like

    1. Halo Okta…
      Intinya susu harus disimpan dalam kondisi dingin…jadi sebelum dibawa mending disimpan dulu d freezer, lalu membawanya bisa pake stereofoam box (ato cooler box) jadi bisa aman untuk perjalanan 6 – 8 jam.
      Kami lebih menyarankan susu dibawa dalam kondisi dingin
      Kalo Solo setau kami banyak disuplai dari Boyolali, tapi kami belum punya referensi rekanan langsung kalo yang disana.
      Demikian infonya, semoga membantu ☺

      Like

  24. Mau nanya nih misalnya sy beli susu d peternak d desa mau d bawa ke kota dgn jarak 6 jam perjalan ut d jual pagi hari sampe sore bagaiman caranya biar susu gak rusak apakah harus d panasi dulu atau tidak makasih

    Like

    1. Selamat pagi, maaf baru merespon
      Kunci utama penyimpanan susu adalah pada suhu, untuk perjalanan 6 jam bisa sebelumnya didinginkan sebelumnya, atau ketika membawa susu dimasukan ke dalam box pendingin lalu dimasukan es batu sebagai pendingin. Semakin dingin semakin bagus. Ketika menjual pun tetap disimpan dalam kondisi dingin.
      Mau dimasak atau tidak, bukan persoalan, karena yan paling penting suhu penyimpanan susunya.

      Salam
      -kedaimilimilk-

      Like

  25. Halo kak milimilk, saya mau tanya.
    Saya sedang memulai bisnis ice blend susu murni. Susu yg sudah di pasteurisasi dan lgsg disimpan sesuai anjuran di freezer ataupun kulkas, jika esoknya tidak dipanasi terlebih dulu dan lgsg diolah menjadi ice blend. Apakah aman dikonsumsi?
    Terimakasih sebelumnya, sukses selalu kakak😘

    Like

  26. Halo Milimilk, saya mau nanya. jadi niatnya saya ingin membuat usaha susu olahan berbagai rasa botolan, kalau saya mamakai susu murni bisa tahan berapa hari ya kak? (jika tidak dibekukan) makasih…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s